Wednesday, April 20, 2011

Siapkah anda menikah muda???



    Pernah terpikirkan olehku untuk menikah muda. Namun apakah ku siap untuk menjadi ayah yang bertanggung jawah sebagai kepala rumah tangga. Begitu sulit menurutku untuk menikah di usia muda. Dulu ibuku pernah cerita "jangan pernah kau mainkan sebuah pernikahan karena pernikahan merupakan hal yang sakral". Aku selalu ingat pesan ibuku itu. Tak mudah kata beliau dalam menjalin sebuah hubungan yang kokoh. Perlunya mempertahankan hubungan agar tetap kokoh dan tidak mudah terguncang “badai” harus mempunyai pondasi yang kuat. Untuk itu, diperlukan kerja sama yang solid dalam sebuah hubungan. Menurut ibuku ada 4 pondasi yang sangat penting dicermati dalam suatu hubungan pernikahan, diantaranya yaitu:

  1. Bahasa cinta, berupa waktu yang berkualitas untuk pasangan, pujian, sentuhan fisik, melayani dengan sepenuh hati.

  2. Komitmen untuk mempertahankan pernikahan dengan kebersamaan.

  3. Kepercayaan yang ditandai dengan jalinan harmonis, berpikir positif serta berusaha mencapai tujuan bersama yaitu kebahagiaan.

  4. Respect dengan saling menghormati pasangan—pemikiran, perasaan, dan perilakunya—dengan menjaga nama baik pasangannya.

Menurutku itu yang membuatku tetap bersabar dalam menantikan sebuah pernikahan dan jangan pernah kau menyesali sebuah pernikahan, mantapkanlah hatimu sebelum memutuskan.