Wednesday, April 6, 2011

Konstanta & Variabel

KONSTANTA

  • Konstanta adalah sebuah nilai yang ditaruh di dalam memori pada alamat tertentu diberi nama dan nilainya tetap.


     

  • Sejak di deklarasikan sampai program selesai ditulis nilai konstanta tidak pernah berubah.


 

DEKLARASI KONSTANTA

  • Setiap konstanta diberi nama yang unik.
  • Aturan penamaan konstanta sama persis dengan aturan pemberian nama variabel.


 

BENTUK UMUM

Const

    Identifier = Value ; or

    Namakonstanta = Nilai ;

Ex :

Const phi = 3.14;

Var a : real;

Begin

    a:=phi * 5 ;

    writeln (a); Readln;

End.

VARIABEL

Variabel adalah sebuah tempat di memori yang dipesan oleh pemrogram untuk di tempati data tertentu.Variabel sendiri bisa diibaratkan sebagai sebuah wadah, wadah tersebut memiliki isi yang spesifik. Isi dari variabel dapat diganti, asalkan besarnya tidak melebihi besar wadahnya, dan tipe isinya juga sesuai dengan deskripsi isi wadah tersebut. Besarnya tempat di memori tersebut sesuai dengan tipe data yang dimiliki variabel tersebut.

Misalnya, jika dideklarasikan variabel bertipe karakter 5 huruf maka di memori akan dialokasikan sebuah tempat pada alamat memori tertentu sebanyak 5 byte.

Contoh :

    Var

    Nama : String[5];


 

ATURAN PENAMAAN VARIABEL

1. Nama variabel harus berawal dengan karakter (a … z) atau (A … Z)

2. Nama variabel tidak boleh berawal dengan angka (0 sampai 9)

3. Karakter kedua dan seterusnya nama sebuah variabel boleh berupa angka, huruf atau tanda _ (underscore)

4. Nama variabel tidak boleh mengandung tanda baca dan karakter khusus lainnya seperti (,#,$,% dll).

5. Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata yang sudah menjadi kata tercadang di masing masing bahasa pemrograman (misalnya di pascal membuat variabel dengan nama begin itu tidak diperbolehkan)


 

UNTUK DI INGAT ..!

    Aturan ini selain berlaku untuk penamaan variabel, juga berlaku sebagai aturan untuk penamaan pengenal (identifier) yang lain seperti: nama konstanta, nama prosedur dan nama fungsi.


 

BENTUK UMUM

Var identifier : tipe_data ; or

        namavariabel : tipe_data ;

Ex :

Var Nama : String[25];

IPK : Real ;

Begin

Write('Nama Mahasiswa :) ; Readln(Nama);

Write('IPK Semester I :) ; Readln(IPK);

writeln('Hai',Nama,' IPK Semester I Anda=', IPK:2:2 );

Readln;

End.


 

SIFAT VARIABEL GLOBAL VS LOKAL


 

Variabel global adalah variabel yang dikenal di semua bagian program. Sedangkan variabel lokal adalah variabel yang dikenal hanya pada blok program tertentu saja. Variabel Global pada bahasa pascal dan C dideklarasikan di program utama, sedangkan variabel lokal dideklarasikan di prosedur atau fungsi. Skup dari sebuah variabel global adalah berada di seluruh bagian program baik di program utama, di semua prosedur dan semua fungsi yang ada didalam program tersebut.

Variabel lokal adalah variabel yang hanya dikenali di dalam prosedur atau fungsi dimana variabel tersebut dideklarasikan.

Untuk mendeklarasikan variabel global dalam bahasa pascal dan C tidak perlu menyebutkannya secara eksplisit.Pada Clipper harus menyebutkan di depan deklarasi variabel yang akan diberi sifat global ini dengan kata PUBLIC sedangkan untuk variabel lokal diawali dengan kata LOCAL.


 

SIFAT VARIABEL STATIC VS DINAMIC

Variabel Statis adalah variabel yang isinya tidak akan terpengaruh dengan proses sebelumnya yang mengisikan data ke variabel tersebut.

Misalnya dideklarasikan sebuah variabel statis = 5 maka setiap kali dipanggil variabel tersebut akan menginisialisasi ulang nilainya dengan angka 5.

Sedangkan variabel dinamis akan menampung hasil proses sebelumnya sehingga nilainya selalu berubah setiap kali dipanggil.