Monday, April 18, 2011

Langkah dasar untuk merancang film kartun kelas dunia



Dalam dunia perfilman, film kartun tak kalah popular menjadi tontonan favorit dari anak2 sampai remaja. Bahkan film kartun menjadi ajang persaingan dalam dunia perfilman di dunia. Namun apakah anda pernah berfikir gimana cara membuat film kartun?apa aja alat yang dibutuhkan? Saat menontonnya. Sebenernya film kartun bisa dibuat secara personal namun hal itu sangat memakan waktu jika hanya mengerjakan sendiri. Karena  di dalam dunia perfilmanfilm kartun. terdapat bagian- bagian pengerjaan seperti produser, sutradara, scriptwriter, editor, animator dan masih banyak lagi. Namun disini saya tidak membahas itu tetapi saya akan membahas tentang tahap pertama yang diperlukan untuk merancang
Dalam perancangan film kartun diperlukan beberapa langkah awal, yaitu menyediakan peralatan untuk membuat film. Apakah anda tau apa saja alat yang dibutuhkan? penasaran kan?
1.)      DRAWING TABLE /LIGHT BOX
Meja gambar disertai lampu pada bagian bawah meja. Meja ini dapat didapatkan ditoko-toko mebel atau dibuat sendiri.
Pada bagian lampu penerang sebaiknya menggunakan lampu yang hemat energy  dan bercahaya putih serta tidak hasilkan panas yang berlebihan.


2.)    DECENT CHAIR
Sebuah kursi yang nyaman dan fleksibel bergerak untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan bekerja dalam jangka waktu yang lama sangatlah diperlukan.




3.)    DESK LIGTHING
Sebuah lampu duduk atau penerangan yang cukup digunakan untuk mengimbangi kebutuhan cahaya yang muncul dari lightbox agar mata tidak lelah.




4.)    MIRROR
Cermin digunakan untuk melihat wajah kita saat harus menggambar/menirukan ekspresi emosi seseorang.




5.)    PAPER
Paper/kertas digunakan sebagai bahan media gambar. Biasanya ukutan kertas yang digunakan adalah A4 atau kwarto atau dengan skala movie yang akan dibuat, misalnya 4:3.




6.)    PENCILS & ERASER
Ada pensil pasti ada penghapus. Pensil yang akan digunakan disini adalah pensil kayu atau biasanya mengunakan pensil 2B atau bisa juga menggunakan pensil mekanik. Sedangkan penghapus gunakan penghapus yang mudah digunakan untuk menghapus dan tidak membuat kertas kusam.


7.)    PUNCH/PEGHOLE
Punch atau peghole digunakan untuk melubangi kertas yang akan ditempatkan pada pegbar. Standar pelubang menggunakan lubang acme dengan 3 lubang.




8.)    PEGBAR
Pegbar digunakan sebagai alat bantu penyusun /penjepit kertas yang digunakan saat menggambar agar kontinuitas animasi tetap  terjaga.




9.)    SCANNER
Scanner digunakan untuk memindahkan gambar dari kertas kedalam bentuk digital untuk diedit dan dikomposisikan menggunakan computer.




10.)     KOMPUTER
Komputer digunakan untuk mengedit film dalam format digital. Computer dilengkapi dengan peralatan multimedia dan software pengolah film kartun. Proses pembuatan film kartun dibuat dengan digital dimulai dari coloring, pembuatan background dan editing.
 
Software-software yang digunakan antara lain adobe photoshop, adobe after efek, macromedia flash mx, Mcpie pro, Coreretas, Avid express, Cakewalk, dan Soundforge.
Spesifikasi computer yang digunakan disesuaikan dengan permintaan kebutuhan software yang akan digunakan untuk coloring dan editing.
Biasanya sih digunakan computer mac os untuk standar pengolahan grafis, tetapi karena harganya yang mahal, banyak perusahaan animasi yang menggantinya dengan pc biasa. Untuk menjaga kualitas dan compatible media, terutama didistribusikan untuk kepentingan broadcast, sebaiknya render akhir dilakukan menggunakan software dan hardware computer yang sudah terbukti andal.


11.)     KAMERA/WEBCAM
Kamera/webcam difungsikan sebagai rostrum camera yang digunakan untuk line test. Sebelum memeasuki tahap scanning gambar, semua gambar dicek menggunakan rostrum camera. Jika ada garis yang tidak konstan, maka garis itu harus diperbaiki sebelum discan.


                Untuk menjaga kenyamanan dan kualitas yang baik, dianjurkan untuk membeli peralatan standar. Terutama meja gambar dan alat pendukung seperti pegbar dan pensil. Oleh karena itu, salah satu bahan dasar animasi adalah gambar yang bagus dan rapi. Tentunya untuk memudahkan bagian coloring dan editing agar dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat. Nah sekarang udah taukan? Gimana, udah siapkah untuk mebuat film kartun kelas dunia?? :D: