Wednesday, April 20, 2011

Rain Effects

 


Lagi semangat nech buat tutorial..hahaha..tau gak sich kalau photoshop dapat merubah hal yang gak nyata jadi nyata?. Photoshop merupakan aplikasi yang bahaya sebenernya. Photoshop dapat digunakan untuk berbagai teknik manipulasi, namun jika digunakan dengan hal positive dapat merubah image menjadi lebih bagus. Dah ajalah basa basinya.hahaha. Nah kali ini saya akan membuat efek hujan..seperti apa yah?penasaran kan cara buatnya. oke langsung ajah nech,disimak and dipraktekan yaw. Pertama buka photoshop dan foto yang mau diedit.




Wah maf bgt yah jika fotonya kurang jelas, maklumlah cuman pake hp ambilnya hohoho ^_^  lanjut. Langkah selanjutnya Seleksi object orang dengan menggunakan pentool atau teknik seleksi lain, saran saya sih gunakan pentool.


Setelah terseleksi tekan ctrl+j yaw hingga membentuk layer 1. Selanjutnya pilih Layer Background kemudian tekan ctrl+l atau level kemudian sedikit gelapkan pada layer Background.





Kemudian buat layer baru dengan menekan ctrl+shift+n kemudian tekan alt+backspace.. jangan lupa yaw sebelumnya tekan "d" untuk memastikan warna foregrond hitam.







Setelah layer 2 menjadi hitam, selanjutnaya pilih filter-noise-add noise kemudian atur amount 50% gunakan uniform dan centang monochromatic seperti gambar dibawah.





Nah sekarang pilih Filter-blur-motion blur untuk memberi efek hujan. atur settingan angle sesuai keinginan anda. angle digunakan sebagai arah hujan. Selanjutnya pilih distance 50 pixel. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.





Atur level agar sedikit lebih gelap dengan menekan Ctrl+L.





Ubah blending menjadi screen. wah masih terlalu kasar yah rintik hujannya. Tenang saja saya akan kasih solusinya dengan gaussian blur. pilih filter-blur-gaussian blur dan gunakan radius 1px pada gaussian blur.





Sekarang kita akan buat percikan hujan. Pilih brush atau tekan "B" kemudian buka settingan brush dengan menekan F5 selanjutnya ikuti bagian yang saya kasih stroke merah dibawah.







Setelah setingan brush saatnya kita beri percikan. Oya jangan lupa untuk mematikan foreground putih atau tekan "X".





Buat layer baru dengan menekan shift+ctrl+n dan Mulai gosokkan brush dibagian yang seharusnya terkena percikan, gunakan imajinasi anda dalam hal ini!





Agar percikan tidak terlalu kasar gunakan gaussian blur lagi dengan radius yang sama yaitu 1px.





Udah keren kan, untuk lebih terlihat basah pada objectnya, pilih layer orang yang udah kita potong tadi atau layer 1 kemudian pilih filter-sketch-chrome dan ubah settingan detail=0 dan smothness=10. Hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah.





Ubah blending menjadi softlight kemudian ubah opacity menjadi 50%.





Sekarang pilih Filter-blur-gaussian blur untuk menghaluskan object ,gunakan radius 1,5px.







Agar wajah keliatan detail hapus dengan eraser tool pada bagian muka.





 Selesai...gabungkan semua layer dengan menekan ctrl+shift+e dan simpan hasil editan anda ^_^.





Anda juga bisa memainkan color balance dan level untuk finishing. seperti gambar dibawah...





Gimana pesan dan kesannya kawan... mudahkan??hahaaha..semoga berguna ya kawan dan ditunggu lagi ya kawan pecinta photoshop untuk tutorial berikutnya hanya di Autosmart (www.kreator-autosmart.blogspot.com).



By.bebe-jupie A.K.A Rizky Abe Tekken Punk