Monday, December 27, 2010

.::: Sepatu Radar Untuk Bantu Navigasi & Menggantikan Fungsi GPS :::.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh64EbYLT_NIVhaFGUnM2vZhf4B0Ytzcstj0ScFAoVjWwf-phz1iZR6OXMKZDXXFJGwGkh9VCCRwOi6o931XNRKxvQ-lolePhxNdRvYPs7yKVQMfZ5yMc6HeBv3ioUX_dgLs5IFJb6ED9Il/s1600/84357080.jpg
Sepatu GPS
 
Keberadaan perangkat navigasi atau GPS (Global Positioning Systems) diakui telah memudahkan penggunanya untuk mencari jalan yang dituju.

Namun bagaimana jika ternyata GPS tidak bekerja? Jangan khawatir, ada solusi baru untuk mengatasinya, yakni dengan sepatu radar.

Ya, ilmuwan dari North Carolina State University dan Carnegie Mellon University (CMU) mengembangkan sepatu dengan sistem radar tertanam di dalamnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsXtmlBvaGiMTVZM9HkU9tzBsEsQ3u0UMOr1YHtxFiSNJq8C1C-8PnvRY8MUXx1UzHbcLyqX3hjZ8520zCwxOavqsw054sxUck-xmthKKQlZQYoDCeSNpVuO4aGYD3oBEyMniZadWA/s1600/sepatu.jpg
Sepatu GPS

Fungsinya, tentu saja sebagai penganti GPS dan menemukan jalan yang benar untuk anda


"Ada kalanya GPS tidak bisa digunakan, misalnya ketika berada di dalam gedung, di ruang bawah tanah, di tempat-tempat dimana koneksi satelit terblokir oleh gedung tinggi atau objek lainnya," kata salah satu peneliti Dan Stancil.

Dikatakan olehnya, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan Inertial Measurement Unit (IMU), yaitu perangkat elektronik yang mengukur tekanan yang dihasilkan oleh kecepatan gerak, untuk menentukan seberapa cepat dan seberapa jauh seseorang berjalan.

Diberitakan Cellular-news, Kamis (02/12/2010) teknologi ini bekerja sama dengan GPS. Caranya, IMU akan melacak pergerakan si pengguna saat kehilangan GPS, dan menyediakan data yang relevan dengan lokasi terakhir yang terlacak melalui GPS.

Contohnya, saat pengguna memasuki gua dan kehilangan sinyal GPS, mereka bisa menggunakan IMU untuk kembali menelusuri langkah ke lokasi yang terakhir kali terdeteksi GPS dan menemukan jalan keluar.

Namun, IMU sendiri secara tidak langsung dihadapkan pada suatu masalah yang signifikan, Yaitu, jika terjadi kesalahan dalam memperkirakan kecepatan dan posisi tanpa sadar IMU akan tetap mengakumulasikan dai waktu ke waktu. 

source : suaramedia

###################################################