Monday, December 13, 2010

.::: Ilmu Geologi Berperan Dalam Penemuan Bahan Tambang :::.

Geology
Ilmu geologi sebagai salah satu cabang dari ilmu kebumian memiliki peran besar dalam kegiatan eksplorasi atau pencarian dan penemuan bahan-bahan tambang, baik mineral maupun minyak dan gas bumi.

"Sayangnya, peran besar geologi ini tampaknya belum dipahami dengan baik oleh masyarakat di Papua khususnya, termasuk pihak pemerintah," kata Dosen Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Cenderawasih (Uncen), Prihananto Setiadji MT di Jayapura, Senin.

Geologi sebagai ilmu menekankan studi mengenai materi penyusun bumi yang terdiri atas batuan dan mineral. Selain itu, berbagai macam proses geologi seperti gempa bumi, gunung api dan sedimentasi serta hasil-hasilnya juga menjadi bahan kajian dalam ilmu ini.
Lebih lanjut, dia menyatakan, kondisi geologis Indonesia yang termasuk dalam rangkaian "ring of fire" atau cincin api pasifik berpotensi mengalami gempabumi dan gunung meletus.

Daerah ini berbentuk seperti tapal kuda dan mencakup wilayah sepanjang 40.000 km. Beberapa daratan dan lautan yang

Namun demikian, di sisi lain keadaan tersebut membuat Indonesia, termasuk Papua memiliki potensi bahan tambang berharga yang melimpah dan ekonomis untuk dieksploitasi.

"Oleh karena itu, geologi penting diterapkan dalam proses pencarian bahan tambang yang penyebarannya di dalam perut bumi tidak teratur karena mengikuti kondisi batuan dan struktur geologi yang cukup rumit," tandasnya.

Dalam kegiatan pertambangan baik migas maupun mineral, para ahli geologi bekerja sama dengan pihak lainnya, seperti ahli geofisika dan ahli pertambangan.

Menurutnya, selama ini telah terjadi kesalahpahaman dalam memandang ilmu geologi dan pertambangan. Banyak pihak cenderung melihat teknik pertambangan sebagai satu-satunya keahlian yang berperan dalam kegiatan penambangan.

Padahal, sebelum suatu daerah berpotensi tambang dinyatakan layak untuk dieksploitasi, terlebih dahulu harus dilakukan serangkaian kegiatan eksplorasi yang di dalamnya ada penyelidikan geologi yang menggunakan berbagai macam metode dan teknologi.

Sehingga, dapat dikatakan kegiatan hulu dari penambangan membutuhkan peran ahli geologi dengan porsi yang cukup signifikan.

Hal ini disebabkan eksplorasi harus memperhatikan kondisi batuan, mineral, struktur geologi, stratigrafi dan hal-hal lainnya yang kemudian diinterpretasikan untuk menentukan keberadaan, penyebaran dan cadangan bahan tambang.

Papua merupakan salah satu pulau di Indonesia yang berpotensi ditemukan bahan tambang berupa logam dasar, yaitu emas, tembaga dan alumunium, minyak bumi serta batubara.

"Pengelolaannya tentu membutuhkan kerja sama para ahli kebumian terkait, pemerintah dan masyarakat agar lebih optimal," kata Prihananto.

source : Antara

################################################### 
Thank for Visit http://fakta-dan-unik.blogspot.com/