Sunday, March 6, 2011

Suikoden Tierkreis DS


Tampaknya konsol handheld DS sudah menjelma menjadi sebuah konsolhandheld yang cukup terkenal untuk game-game hasil remake maupun gameorisinil. Hal ini dapat gamer lihat dari beberapa game RPG yang telahdiluncurkan untuk konsol DS seperti Chrono Trigger, Etrian Odyssey,Dragon Quest IX, Final Fantasy III dan IV remake dan sekarang giliranSuikoden Tierkreis.

Suikoden, seperti yang gamer ketahui,merupakan salah satu game RPG yang sudah beredar di dunia RPG selama 12tahun. Sempat meledak di pasaran pada saat perilisannya pada PS,sekarang Suikoden mulai mencoba untuk menjamah konsol handheld,Nintendo DS dengan judul terbarunya, Suikoden Tierkreis.

Selamaini Suikoden selalu dikenal dengan grafis visualnya yang memukau sertadaftar karakter yang bisa kamu gunakan yang jumlahnya memang sangatteramat banyak (108 karakter) dan juga besarnya dunia yang bisadijelajahi.

Bila kamu memainkan Suikoden dari zaman PS, makakamu pasti tahu apa yang akan menjadi tujuan dari setiap gamer yangmemainkan game ini. Betul sekali. Tujuan dari para gamer pastilahmencoba untuk merekrut seluruh karakter yang ada. Begitupula halnyadengan Suikoden Tierkreis. Suikoden DS ini menggunakan peta Overworldseperti yang digunakan dalam Order of Ecclesia, sehingga memungkinkanpemain untuk bergerak dengan cepat dari satu tempat ke tempat laindengan hanya sentuhan stylus atau menggunakan D-Pad.



Setelahkamu memasuki daerah tertentu, kamu akan menemukan banyak sekali desainyang terinspirasi dari franchise-franchise game lain yang tidakterhitung jumlahnya. Dengan menggunakan sejumlah lokasi daripadamembangun kembali seluruh dunia dengan menggunakan semua trik-trikpenggambaran animasi 2D dan 3D lah yang membuat game ini terasa indah.Apabila kamu memilih Blacksmith, maka kamu akan mendapatkan sebuah areakecil yang bisa kamu jelajahi. Lalu saat kamu memilih gereja ataubagian luar kota, kamu akan segera dihadapkan kembali dengan bagiandari game yang lebih bisa dikontrol. Memang agak sedikit berbeda dengangame RPG pada umumnya, tapi hal ini mengefektifkan permainan danterbukti bisa berjalan dengan baik mengingat platform yang digunakanadalah konsol handheld DS.

Saat kamu sedang berada di peta duniaatau sedang berada dalam sebuah misi, dapat dikatakan game ini miripseperti halnya game RPG pada umumnya. Kamu akan menghadapi musuh secaraacak. Kemudian kamu akan berhadapan dengan musuh menggunakan sustempertarungan giliran ala RPG tradisional.

Dalam SuikodenTierkreis terdapat beberapa elemen yang sangat penting. Selain adanyatotal 108 karakter (dengan sekitar 20 karakter yang disebut sebagaisupport class fighter) ada juga Support fighter. Support fighter disiniberarti bahwa kamu tidak akan selalu bisa menggunakan karakter tersebutsesukamu. Tapi karakter ini justru nantinya akan ikut membantu saatkamu sedang berada dalam pertarungan. Semua support fighter inimasing-masing memiliki kemampuan yang unik. Kadang kala saat kamusedang bertarung, salah satu support character akan masuk kepertarungan untuk memberikan sihir bantuan kepada karaktermu. Misalnya,menyembuhkan status, menambah darah ataupun kadang memperkuat kemampuanserangan ataupun pertahanan. Seperti biasa juga, ada beberapa karakterdari 108 karakter tersebut yang memang bukan merupakan karakter utamadan hanya bisa kamu dapatkan dengan menjalani misi tertentu agar bisamendapatkan karakter tersebut.

Kisah utama disini berkisar padacerita mengenai dimensi lain dan dunia lain. Kadang-kadang kamu akanmendapatkan cross over karakter yang cukup unik. Sebagai contoh,Marica, merupakan karakter awal yang dapat kamu temukan di awalpermainan. Pada suatu saat, kelompokmu diserang dan Marica dari masadepan (tentunya lengkap dengan level yang jauh lebih tinggi dan lebihkuat) datang untuk membantumu menghadapi musuh. Melihat adanya carapermainan yang unik seperti ini, tampaknya masih ada banyak lagikejutan yang telah disiapkan oleh Konami untuk semua gamer yangmemainkan game ini. Ada lagi sistem permainan yang juga pasti sudahcukup dikenal oleh gamer semua. Setiap orang yang berhasil kamu rekrutakan memiliki pekerjaan dan profesi masing-masing. Apabila kamumendapatkan seorang yang berprofesi sebagai penjaga hotel, maka nantikamu akan mendapatkan fasilitas hotel di kastilmu dan seterusnya.Melihat perkembangan kastilmu akan terasa seperti melihat rumahmu yangsedang dibangun secara perlahan-lahan. Cukup menyenangkan.

Apabilabiasanya kamu mendapatkan uang dari bertarung dengan monster, menjualbarang-barang tertentu ataupun perlengkapan yang kamu rasa sudah tidakdibutuhkan, maka kali ini kamu akan mendapatkan tambahan lain yang jugatidak kalah menarik. Perlu diperhatikan disini, harga barang di setiapkota berbeda-beda satu sama lain. Jadi, kamu harus bisa mencari tempatyang menjual dengan harga termurah dan kemudian mencari kota lain yangmau membeli barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Inilahsalah satu cara yang paling ampuh dalam mendapatkan uang di duniaSuikoden Tierkreis.

Yang perlu gamer perhatikan disini adalahkenyataan bahwa saat kamu memberikan dan mengubah perlengkapan senjatadan armor tertentu pada karaktermu, maka nantinya penampilan karaktermujuga akan ikut berubah. Sama seperti yang ditunjukan dalam SomaBringer. Dapat dikatakan game ini merupakan game yang telah terpolesdengan baik, menarik dan siap untuk kamu mainkan selama berjam-jam.Selain itu, tambahan lain dari seri-seri terdahulu yang pastinya sudahkamu kenal adalah kemampuan untuk menyerang berdua sekaligus.

Selaincara permainan, Konami juga memberikan sedikit informasi lebih lanjutmengenai game Suikoden terbaru ini. Konami mengatakan bahwa nantinyakamu akan bisa menggunakan fasilitas online menggunakan wifi, lengkapdengan sejumlah besar tantangan dan misi yang bisa kamu jalankan.Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sejumlah besar karakter yangmemang sudah menjadi trademark dari seri Suikoden selama ini. Saatsedang bermain online, apabila karaktermu mengalami peningkatan level,saat kamu kembali ke permainan offline, semua peningkatan leveltersebut juga akan ikut terbawa, begitupula dengan peralatan danperlengkapan lain yang kamu dapatkan saat kamu sedang bermain online.



Download: Mediafire