Monday, March 28, 2011

Wealth Strategy ala Kiyosaki #3

"Wealth Strategy ala Kiyosaki" adalah rangkuman saya terhadap isi buku Kiyosaki (tentunya sesuai dengan pemahaman saya), yaitu:
1. memiliki "tujuan" ber-investasi, yaitu F/F = 3PI = Expenses.
2. "Melek Finansial". Pemahaman "yang benar" mengenai Asset dan Liabiliti dan pentingnya Cashflow (daripada
capital gain).
3. "Time and Risk Management", yaitu kuadran E,S,B,I dan Active dan Passive Income.
4. Strategy ber-investasi, yaitu 3 kendaraan ber-investasi.
Point no.3 Time and Risk Management’ dan no.2 ‘Melek Finansial’..... sudah saya bahas pada tulisan yll.....
Sekarang saya mau bahas point no.1.....:
1. Memiliki "tujuan" ber-investasi, yaitu F/F = 3PI>Expenses.
Bagaimana "saya" melihat BAKMI, sebagai Usaha Sendiri vs Franchise.... dari sudut tujuan saya berinvestasi’.
Atau saya rubah sedikit pertanyaannya, menjadi;
Bagaimana "saya" melihat suatu bisnis (BAKMI), baik sebagai Usaha Sendiri ataupun Franchise.... sebagai bagian/rangkaian aksi (action/usaha) saya untuk mencapai TUJUAN (‘impian) saya......
Apakah suatu bisnis (BAKMI)..... ini akan menDEKATkan saya pada ‘impian’ saya.....?  atau
Apakah suatu bisnis (BAKMI)..... ini akan menJAUHi saya pada ‘impian’ saya........?
Berbisnis/berusaha tanpa tujuan yang jelas.... sama seperti orang jalan2....dia ga pernah nyasar.......dia ga pernah salah jalan.....karena dia memang mau’nya hanya jalan2... atau karena dia ga tau ‘APA KEMAUAN’ nya.... atau karena dia memang tidak menetapkan kemauan/tujuan-nya’....
Akan jauuuuhhhhh...... lebih mudah mengejar ‘sesuatu’... klo kita tau ‘sesuatu’
itu apa sich...!!!Jadi menetapkan ‘tujuan’ dengan ‘maksud dan alasan yang jelas’..... sangat.... sangat.... sangat dianjurkan.(‘tujuan dengan maksud dan alasan yang jelas’ = impian = visi = gambaran’ = ‘kemauan’).Karena tanpa memiliki ‘tujuan yang jelas’....Klo kena ‘angin sedikit’... kena ‘angin sepoi2’....  rasanya seperti kena ‘badai’.... Lalu...... ‘betul kan.... saya bilang.... saya ga cocok koq berbisnis (BAKMI)....
DENGAN memiliki ‘tujuan yang jelas’ (Visi) maka..... apapun yang terjadi.... akan tetap dilakukannya.... sampai tiba ‘ditujuannya’.... sampai terealisir Visi-nya.... sampai tercapai impiannya.....
Pengusaha seperti pak Purdie E.Chandra http://www.purdiechandra.com/jm/....  adalah seorang yang mempunyai Visi yang jelas.... ketika Primagama baru dimulai (ini kata beliau lho...), muridnya hanya ‘segelintir’ (bisa dihitung dengan jari). Tapi beliau kerjakan terus(walaupun merugi secara finansial)...... karena beliau punya‘gambaran/impian’ (Visi) seperti apa Primagama nantinya. Sekarang udah 300-an unit ya, pak??... atau dengan kata lain karena Visi itulah.......... Primagama ada seperti sekarang ini.
saya ga tau.... apakah pak Purdie.... punya Visi dulu baru Action,... atau Action dulu baru menetapkan Visi-nya.
Atau..... seperti Walt Disney....
Disney Land jadi ketika beliau sudah wafat.... ada yang bilang ‘kasihan ya pak Disney ga liat hasil kerjanya’..... tapi istrinya bilang mas Disney ‘sudah melihatnya’ sebelum Disney Land jadi..... yaitu
‘gambaran/impianDisney Land yang ada di ‘kepala’ beliau (Visi).... bahkan ketika proyek itu belum dimulai..... atau dengan kata lain karena Visi itulah.......... Disney Land dibuat/diciptakan.
Saya pikir, Walt Disney....
menetapkan dulu Visinya,.... baru Action.
Atau..... pak Roni Manetvision.com http://roniyuzirman.blogspot.com/ juga memiliki Visi untuk milis/kelompok ‘Tangan Di Atas. Karena dorongan dan support beliaulah sekarang sudah terbentuk/berdiri beberapa unit bisnis, seperti;
    17 toko garment (13 di ITC M2 dan 4 di METRO Tanah Abang – saya ikutan di METRO Tanah Abang.
    9 counter voucher dan hp di ITC M2 (saya juga ikutan di sini).
    25 toko IT/Computer di Mangga Dua Square (coming very very soon).
    dan beberapa unit bisnis lainnya yang sedang ‘digodok’ seperti TDA ‘Goes
to Franchise’,
    TDA-Makanan, TDA-EO, TDA-Sayur-mayur dsb.dsb.dsb.
Pak Roni, telah menetapkan Visi/target (impian) beliau untuk kelompok garment (17 toko garment),
yaitu;
    Mulai Februari 2007..... setiap toko HARUS untung 20jt per bulan.
    Bulan Juni 2007......... kita akan meeting di Singapore, atau Malaysia, atau Bangkok, atau Guang Zhou....
Menurut saya, pak Roni.....
Action dulu,....... baru tetapkan Visi.
Saya jadi inget kata2nya Nelson Mandela....

Action without Vision....Buang2 waktu aje.................... Vision without Action...Percuma....OM̢۪DO (ngomong doang)...
Action with Vision......You can change the world....
(ANDA BISA MERUBAH KEHIDUPAN ANDA...!!!)
POINT dari tulisan di atas adalah.... apapun yang dikerjakan maka tentukan /tetapkan-lah ‘tujuan / target’nya, entah....
Mau ACTION dulu baru tetapkan TARGET/TUJUAN-nya....., atau
Tetapkan TARGET/TUJUAN-nya dulu, lalu segera ACTION......


SARAN saya sich.... 

agar ACTION dulu..lalu tetapkan TARGETNYA...inilah yang saya lakukan...!!!

KIYOSAKI juga menetapkan tujuan/target bagi para pembacanya.... Yaitu..menjadi KAYA(secara finansial)....

INILAH TUJUANNYA...!!!
Tapi kaya’ yang bagaimana....       ?
KAYA adalah memiliki INCOME yang besar..... bukan memiliki banyak uang....memiliki Income yang besar..... artinya membangun Asset......
ingat tulisan #2 yaitu ‘Melek Finansial, bahwa.........
ASSET = ‘apapun’ yang menghasilkan INCOME/pemasukan.....
LIABILITY = ‘apapun’ yang menghasilkan EXPENSES/beban...
RUMUSAN ‘Kaya’ dari Kiyosaki adalah‘F/F = 3PI = EXPENSES’.
Artinya:
Orang KAYA = orang yang ‘bebas secara finansial’...
adalah orang yang memiliki PASSIVE INCOME minimal 3x LEBIH BESAR
daripada EXPENSES-nya.
‘terjemahan bebas’nya adalah:Orang kaya adalah orang yang punya Income tanpa bekerja (passive income), yang besarnya minimal 3x lebih besar daripada Pengeluarannya.
That simple....!!!!
Nah.... BAGAIMANA atau apa yang saya kerjakan sesuai dengan tulisan/keterangan tsb di atas...Oke... jadi...saya MAU ‘kaya’....
saya MAU membangun Asset.... (Asset menghasilkan Income).....
saya MAU mempunyai Income minimal 3x lebih besar daripada Expenses saya..
saya MAU, secara berkala, memindahkan ACTIVE INCOME saya menjadi PASSIVE INCOME.
Ketika Passive Income saya mencapai 3x lebih besar daripada Expenses saya...Maka saya adalah orang kaya’... Terserah si A.... punya income lebih besar dari saya.... Terserah si B.... punya income 10x lebih besar dari saya.... Terserah si C.... punya income 100x lebih besar dari saya.....
ga usah nyontek’ sebelah....
ga usah membandingkan’ dengan si A, si B atau si C....
Target saya..... adalah target saya..... Tujuan saya..... adalah tujuan saya..yang saya ‘kejar’....!!!
KARENA saya sudah tahu berapa EXPENSES saya...!!! JADI saya tau berapa yang harus saya capai....
JADI saya tahu apa TUJUAN/TARGET saya.........
Lalu saya tentukan waktunya..... yaitu;
    Bulan Mei 2005.... Active + Passive Income saya 3x lebih besar daripada
Expenses saya
    Bulan Mei 2008.... Passive Income saya 3x lebih besar daripada Expenses
saya.
    Bulan Mei 2010.... Passive Income saya sustainable’ 3x lebih besar daripada Expenses saya.
Targetnya sudah ditetapkan....!!! Waktunya sudah ditetapkan.....!!!
Saya sudah tau apa KEMAUAN saya dan KAPAN mau-ya.....!!! Jadi apapun yang saya kerjakan (secara finansial)....
akan mengarah ke TUJUAN saya..... akan mengarah ke KEMAUAN saya....
Menetapkan/menentukan TUJUAN/TARGET/IMPIAN saya... memang begitu simpel....!!!
Pada saat menetapkan TUJUAN/TARGET/IMPIAN.... jangan dipikirkan bagaimana cara mencapainya....,Tapi dirasakan’...... ‘dirasakan’ bahwa inilah KEMAUAN saya.... bahwa memang inilah KEMAUAN saya
titik...!!!
Untuk menentukan/menetapkan ‘angka’ berapa yang harus saya kejar/capai.... sangat mudah....
Saya sudah punya catatan ‘Asset dan Liability’...., dan
Saya sudah punya catatan Income dan Expenses’...
(lihat tulisan #2 ‘Melek Finansial)
Jadi saya sudah tau berapa Expenses saya setiap bulan.... Tinggal dikali 3..... itulah ‘angka’ yang saya kejar.....
yang harus saya terima (capai) pada bulan Mei tahun yad.
Catatan:
Setiap bulan Mei saya analisa catatan Keuangan saya..... Berapa sich Expenses saya.... saat ini......
Apakah perlu dinaikan/disesuaikan........... Lalu saya tetapkan akhir Mei tahun depan....
saya HARUS mempunyai income 3x lebih besar daripada Expenses saya saat ini. Kenapa bulan Mei.... karena saya keluar dari kerjaan/kantor di bulan April....
Yang menarik, menurut saya, adalah........
1. Target 3x lebih besar dari Expenses’ adalah target yang ‘relatif mudah’...
HANYA 3x lebih besar dari ‘yang sekarang udah saya terima’...... Agak ‘streching’..... tapi kan....
ga ‘seperti pelanduk merindukan bulan’...
ga ‘seperti income/penghasilan 10jt.... maunya punya mobil Hammer yang harganya 3M’...
karena ‘hanya sedikit streching’.........
Jadinya ‘kreatif’.... karena masih dalam ‘jangkauan....
Klo ‘terlalu jauuuhhhh..... antara kenyataan dengan tujuan....
Akibatnya impian.... akan tetap menjadi impian yang tidak terpikir untuk diupayakan...
(hope you get the point...)
2. Targetnya adalah ‘angka yang bulat’..... sangat jelas.
Klo sekarang incomenya 10jt..... maka targetnya adalah 30jt.... TIGA PULUH JUTA RUPIAH....
Dengan demikian setiap berinvestasi saya langsungtau.... Investasi ini menambah.... atau.... mengurangi 10jt tsb...
Klo ‘menambah’ maka...... investasi ini..... menDEKATi tujuan saya... Klo ‘mengurangi’ maka.... investasi ini..... menJAUHi tujuan saya....
3. Perubahan MIND-SET.... yaitu keinginan untuk selalu berinvestasi (menjadi INVESTOR)....
Karena sadar/paham/mengerti.... bahwa;
klo invest di Liability.... maka Expensenya akan naik.......
klo invest di Asset........ maka Incomenya yang akan naik...
Ketika Income sudah lebih besar dari Expenses, maka kelebihan cashflow tsb cenderung digunakan untuk berinvestasi di Asset.... karena klo digunakan untuk sesuatu yang Liability.... maka Expensesnya yang naik.... akibatnya akan menjauhi target/tujuan/impian saya....
4. Targetnya adalah Income/cashflow....
Income adalah pendapatan yang rutin atau ‘sustainable’.... bulan ini, dapet.... bulan depan, dapet.... bulan selanjutnya, dapet... dst.dst.dst.dst.....Klo invest sekarang..... kapan Income saya akan naik..Klo pada saat (waktu) yang ditetapkan belum naik juga...saya bisa segera mengambil keputusan.... diteruskan.... atau tidak. Di bawah saya lampirkan kembali catatan Keuangan saya sebagai referensi.


Catatan Keuangan ketika masih bekerja (‘makan gaji“ tahun 2002);












ASSET


LIABILITY
a. Pekerjaan
a. Properti-1
b. Deposito/reksadana
b. Properti-2


c. Mobil-1


d. Mobil-2


e. Keluarga


e. dst.dst.ds


CASHFLOW:










INCOME
EXPENSES
a.gaji
a.service-charge,listrik,air
b.interest
b.penjaga,listrik,air,kebersihan


c.BBM,maintenance


d.BBM,maintenance,supir


e.sandang,pangan,pendidikan,dll


f.dst.dst.dst


Sumber income saya terdiri dari kuadran;
- E, saya bekerja, menerima gaji.
- S, tidak ada.... alias nol’.
- B, tidak ada.... alias ‘nol’.
- I, saya punya deposito/reksana, menerima ‘interest’.
Catatan profile investasi saya (investasi yang menghasilkan cashflow/income), sbb;
a. Investasi (properti) Taman Rasuna.
Saya bayar/beli/invest sekarang.... 1 bulan kemudian saya terima hasil- sewanya....
Artinya.... bulan ini saya invest.... BULAN DEPAN PASSIVE INCOME SAYA NAIK....
Dan kenaikan ini adalah kenaikan yang ‘pasti’ selama 12 bulan...., atau  income yang ‘sustainable’ minimal untuk 12 bulan (masa sewa).... ya, ga...!!!
Padahal sampe sekarang sudah hampir 4 tahun tersewa.... ‘sustainable’...ga...!!!
TAPI target Incomenya 3x lebih besar daripada Expenses... belum tercapai..... investasi lagi di Alfamart.......
b. Alfamart.
Saya ambil Alfamart dengan sistem ‘take-over’.... artinya saya ambil Alfamart yang sudah jalan.... sudah punya ‘track-record’nya...  


saya invest sekarang..... pada bulan ke-4 saya akan terima cashflow-nya..... dan saya tau berapa yang akan saya terima..... khan udah ada ‘track-record’nya. artinya.... bulan ini saya invest.... BULAN KE-4 INCOME SAYA NAIK..... dan
Income yang saya terima adalah akumulasi hasil-usaha selama 3 bulan.... Karena 
di Alfamart, pembagian hasil-usaha dilakukan setiap 3 bulan....
Saat ini saya punya 2 Alfa.... dengan pembagian hasil-usaha pada bulan yang berbeda....
Maka dari 3 bulan..... hanya 1 bulan saya tidak terima Income dari Alfamart....
Oleh sebab itu.... impian saya untuk punya 3 Alfa.... agar menerima INCOME setiap bulan.... dan menerima Income TANPA BEKERJA (= PASSIVE INCOME)... khan Alfamart adalah waralaba ‘full operated by master
franchise’...(ingat tulisan #1 mengenai kuadran E,S,B,I).
Walaupun saat ini Income sudah lebih sedikit daripada Expensesnya.... TAPI target Incomenya 3x lebih besar daripada Expenses.....
.... masih belum tercapai..... investasi lagi di Yogen Crepes......
c. Yogen Crepes.
Saya ambil Yogen Crepes dengan sistem ‘take-over’....
Saya invest sekarang.... besoknya ‘serah-terima’ counter.... lusa-nya saya ‘terima
Omsetnya’... dan omset ini saya terima setiap hari.... Artinya SAYA PUNYA CASHFLOW SETIAP HARI.... yaitu omset itu....Pada akhir bulan saya baru ‘settle’ kewajiban saya ke si master franchise.
ingat tulisan #1 mengenai kuadran E,S,B,I....
dulu Income-nya 1x sebulan.... kemudian out...out...out.... hati2 bisa ‘knock-out’...sekarang setiap hari IN-OUT.....IN-OUT....IN-OUT.... enakan mana ya.... he...he...he...eee...
Walaupun saat ini Income sudah lebih besar daripada Expensesnya.... TAPI target Incomenya 3x lebih besar daripada Expenses....... Disamping itu setiap bulan ada ‘kelebihan’ cashflow..........
di-apa-in ya..... atau di-investasikan dimana ya..........
agar.....Incomenya naik lagi..... naik lagi.... naik lagi....
hingga satu saat nanti menjadi 3x lebih besar daripada Expenses.


Catatan Keuangan tahun 2006 (saat ini);













ASSET


LIABILITY
a. Yogen-1
a. xxxxxxxxxx
b. Yogen-2
b. xxxxxxxxxx
c. Alfamart-1
c. Mobil-1
d. Alfamart-2
d. Mobil-2
e. Rasuna-1
e. Keluarga
d. Rasuna-2
f. Toko Grosir Jaket di MTA


g. Counter voucher n hp di ITC M2


h. Konsultan KEU dan Pajak


h. Dst.dst.dst


CASHFLOW:













INCOME


EXPENSES
a. Hasil-usaha Yogen-1
a. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
b. Hasil-usaha Yogen-2
b. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
c. Hasil-usaha Alfa-1
c. BBM,maintenance
d. Hasil-usaha Alfa-2
d. BBM,maintenance,supir
e. Hasil-sewa Rasuna-1
e. Sandang,pangan,pendidikan,dll
d. Hasil-sewa Rasuna-2
f. Pegawai toko Grosir Jaket di MTA


g. Pegawai Counter voucher n hp di ITC M2


h. Cicilan kredit modal kerja (Alfa-2)


i. Fee konsultan KEU dan Pajak


Sumber income saya terdiri dari kuadran;
- E, saya tidak punya... alias "nol".
- S, saya punya 2 waralaba Yogen Crepes (dan 2 toko).
- B, saya punya 2 waralaba Alfamart minimarket.
- I, saya punya 2 properti sewaan di Apartemen Taman Rasuna.
Dengan mengikuti pandangan/rumusan Kiyosaki, menurut saya, menjadi ‘lebih mudah’ untuk menjadi KAYA. Karena targetnya jelas....Karena targetnya adalah Income...Maka akan segera ‘terasa’ hasil dari investasi yang dilakukan.... Maka fokusnya ke Cashflow..... (bukan capital gain)....
PENUTUP....
Saya akan sharing pandangan saya dari sudut/point lainnya (dari point 4 "Wealth
Strategy ala Kiyosaki") pada tulisan/kesempatan yang lain.
4. Strategy ber-investasi, yaitu 3 kendaraan ber-investasi. Demikianlah, semoga tulisan ini menambah wawasan....
dan mohon koreksinya.