Thursday, March 3, 2011

WPAP

download tutorial klik

Sebenarnya buat WPAP Image itu mudah jika kita mau berusaha sedikit keras untuk tracing beberapa bagian seperti pada saat membuat vector, bedanya hanya pada wpap lebih sulit dalam pemilihan warna agar membentuk object 3d. Warna tersebut terdiri dari terang sekali, terang, agak terang, agak gelap, gelap, gelap sekali. Nah bikin bingung yaw..he3x, oke lebih jelas lihat gambar dibawah.



Gunakan warna diatas sebagai patokan, misal untuk warna depan adalah kuning maka warna tengahnya bisa orange atau hijau muda sedang warna belakang bisa anda gunakan ungu atau coklat. Dilain waktu kuning menjadi warna tengah maka warna depanya tentulah putih dan warna belakang bisa hijau atau biru. Haduh membingungkan yaw..hahaha gue juga masih belajar frend..sebelumnya baca history tentang WPAP disini.

Mari kita mulai tutorialnya, ehm sebetulnya saya bingung untuk membuat tutorial ini maka dari itu saya gunakan after before ajah ya biar jelas..oke frend.. ^_^

Pertama buka foto setengah badan dari potoshop atau kepala ajah biar mudah pembuatannya hahaha..

Jika ukuran pixel terlalu kecil, perbesar foto dengan cara image=>image size, selanjutnya ctrl+j 4x sehinga terbentuk urutan layer seperti ini.



Nah setelah terbuat layer seperti gambar diatas, selanjutnya pilih layer1 lalu tekan D kemudian tekan ctrl+backspace maka layer 1 akan menjadi putih, lihat gambar dibawah.



Pilih layer 1 copy kemudian pilih image=>adjustments=>posterize oya sebelumnya matikan layer 1 copy 2 dulu agar dapat terlihat previewnya…



Gunakan nilai 4-9 pada level posterize, disini saya pakai nilai level 7.





Nah sekarang kita mulai tracing dengan pentool, pertama kita mulai pada bagian mata oya pilih layer 1 kemudian tracing pada gambar layer 1 copy atau jika kurang jelas gunakan gambar layer 1 copy 2 seperti pada saat mentracing vektor.



Gunakan metode garis lengung merupakan gabungan dari banyak garis lurus jadi gak ada namanya garis lengkung di WPAP namun yang ada adalah garis lurus yang tak terhingga hingga terbentuk menyerupai garis lengkung…nah karena saya bingung mau buat tutorialnya gimana.. dan karena menurutku teknik ini sangat sulit, jadi lihat dan terapkan after beforenya yah..SAYA YAKIN KOK ANDA PASTI BISA ..hehehe..



Gunakan imajinasi anda untuk membuat tracingan WPAP dan gunakan warna yang pas sesuai gelap terang warna. Setelah mata selesai, selanjutnya kita tracing bagian hidung dan bibir…kenapa harus bagian itu terlebih dahulu??? karena pada mata bibir dan hidung merupakan bagian yang sangat sulit dan menentukan keberhasilan WPAP.

Sekali lagi gunakan imajinasi anda untuk membuat WPAP….



Nah setelah membuat mata hidung dan bibir, selamat untuk anda karena anda telah melalui 50% dari WPAP anda. Sekarang mari lanjutkan tracing dari bagian yang lain.



Nah udah kelihatan kan hasilnya tinggal detailnya doank sekarang…



Akhirnya kerja keras semalam ada hasilnya..hahaha..oke dah muka dah jadi tinggal rambut leher n ornament wpap..oke semangat kawan…



Gunakan imajinasi anda untuk membuat rambut, nah agar rambut Nampak keren mari kita buat lapisan rambut.


Wow..keren kan hahahaha…ehm..cpek neh ngopi ma smoke dulu dah…, nah sekarang langsung bagian akhir ajah yah buat leher n ornament.



Oya gunakan blending multiple, colorburn, screen dan lain2 pada ornament persegi background seperti gambar diatas, nah sekarang tinggal finising…



Akhirnya selesai juga..gimana kawan..???mudahkan..hehehe

Semoga tutorial yang simple ini sangat berguna buat kalian dan jika ada kesalahan pada tutorial ini saya minta maaf..karena saya juga masih pada tahap pembelajaran tentang WPAP, saya hanya sebatas memberi tahu pada kawan-kawan agar dapat membuat WPAP dan mempopulerkannya karena ini merupakan seni asli Indonesia yang dibuat oleh pak wedha.sekian..terima kasih *_^

By: Bebe-Jupie a.k.a Rizky Abe Tekken Punk

Oya gabung juga yah di komunitas wpap klik