Wednesday, January 12, 2011

.::: Bend It Like Beckham, Film Barat Pertama Diputar di Korea Utara :::.

Cover Film Bend It Like Beckham
Pemerintah Korea Utara (Korut) akhirnya mengendurkan peraturannya mengenai tayangan televisi Barat di negaranya. "Bend it Like Beckham" adalah film Barat pertama yang ditayangkan pada Jumat, 31 Desember 2010, dengan sensor yang super ketat.

Film produksi tahun 2002 ini mengisahkan seorang wanita India yang mengidolakan David Beckham menentang tradisinya dengan menjadi pesepakbola wanita. Film buatan Inggris yang menampilkan akting Keira Knightley dan Parminder Nagra ini merupakan film yang berharga bagi rakyat Korut yang biasanya hanya menonton berita, dokumenter dan opera sabun.

Film ini mendobrak benteng kekakuan paham komunis Korea Utara yang sebelumnya melarang ketat segala macam bentuk kebudayaan di luar kebudayaannya sendiri. Hal ini dikarenakan kebudayaan luar, terutama kebudayaan Barat, ditakutkan akan berasimilasi dengan paham dan doktrin setempat.

Karena itulah, film Bend it Like Beckham yang jelas mengangkat tema tabu yaitu penentangan budaya timur mendapat sensor super ketat dari badan sensor Korut. The Guardian melansir, film yang awalnya berdurasi selama 112 menit dipangkas habis hingga tinggal sekitar 60 menit saja.

Film yang ditayangkan berkat kerjasama dengan pemerintah Inggris ini merupakan bentuk perayaan hubungan antara Korut dan Inggris yang telah memasuki tahun ke 10.

Keadaan perfilman di Korut berlawanan dengan hobi Presiden Korut Kim Jong-il yang disebut sebagai pecinta film sejati. Dia dikabarkan memiliki koleksi film sebanyak 15.000 buah, dan selama bertahun-tahun Jong-il menyutradarai sendiri film propagandanya
Cover Bend It Like Beckham
Cover Bend It Like Beckham

source : vivanews

###################################################