Wednesday, July 6, 2011

.::: Apa Kata Pendiri Facebook Soal Google+? Dan Facebook Luncurkan Video Chat :::.

What Words About Google + Facebook Founder? And Facebook Launches Video Chat
Facebook mengumumkan fitur video chat barunya. Fitur baru itu bersaingan langsung dengan fitur Hangouts dari Google+, yang juga memungkinkan chat antar sesama anggota. 

Pendapat Pendiri Facebook

Tak pelak, Zuckerberg pun ditanyai pendapatnya soal Google+ di acara tersebut. Menurut Zuckerberg,  dari TechCrunch, Kamis (7/7/2011), akan ada banyak perusahaan yang membangun fitur-fitur sejenis video chat. "Namun pesaing Facebook harus membangun social graph mereka terlebih dahulu," ujarnya.

Maksud Zuckerberg, pesaing Facebook mungkin akan bermunculan namun paling tidak Facebook sudah memiliki cukup banyak pengguna dan para pengguna itu sudah memiliki jejaring sosial mereka di sana.

Tugas Facebook, kata Zuckerberg, adalah terus melakukan inovasi. "Lima tahun terakhir adalah soal membangun infrastruktur sosial dan menghubungkan orang-orang, lima tahun berikutnya adalah membangun apps," ujarnya.

Selain itu, dalam acara tersebut, Zuckerberg menilai fitur video chat yang akan banyak digunakan orang adalah one-on-one. Pernyataan ini sedikit menyindir Google+ yang menekankan fitur video chat pada Hangout hingga 10 orang bersamaan.

Facebook Video Chat diselenggarakan melalui kerjasama dengan Skype. Untuk awalnya fitur ini hanya tersedia satu-lawan-satu, namun nantinya akan ada fitur video chat berkelompok.

Fitur Chat Video Facebook

'Sesuatu mengagumkan' yang dijanjikan CEO Facebook Mark Zuckerberg akhirnya resmi diberitahukan ke publik. Para pengguna Facebook kini bisa melakukan video chat di situs jejaring sosial tersebut.

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, fitur ini merupakan hasil kerjasama Facebook dengan layanan telepon internet Skype. Facebook juga telah merancang ulang fitur chat untuk memudahkan video chat.

Untuk melakukan video chat, pengguna Facebook yang komputernya dilengkapi webcam harus memilih teman chat. Pada jendela chat yang muncul, klik ikon video kecil di toolbar berwarna biru untuk masuk ke fitur video chat.

Dilansir Information Wee Kamis (7/7/2011), untuk saat ini belum tersedia opsi untuk melakukan video chat dengan lebih dari satu orang. Jika mau dibandingkan dengan Google+, jejaring sosial yang baru diperkenalkan Google, fitur ini sudah tersedia.

Namun Facebook telah menambahkan opsi group chat. Cara kerjanya hampir sama dengan group chat di Google Plus. Nantinya pengguna tinggal mengklik ikon untuk menambah jumlah orang yang ikut dalam percakapan.

Karena masih baru diluncurkan, belum semua pengguna bisa menggunakan fitur ini. Fitur video chat akan dirilis secara bertahap hingga tersedia bagi pengguna secara global.